CARA MENGGUNAKAN FLASH DRIVE

 




Nama : Hidayah Turahmah

NPM : 23554010006

Prodi : Teknologi Informasi

Website kampus : https://politeknik-sampit.ac.id/

Cara menggunakan flash drive USB pada PC Windows

Apa itu Drive USB?

drive USB, juga disebut flash drive atau stik memori, adalah perangkat portabel kecil yang disambungkan ke port USB pada komputer Anda. Drive USB biasanya digunakan untuk penyimpanan, pencadangan data, serta transfer file antar perangkat. Drive USB hadir dalam beragam kapasitas penyimpanan dan berbagai jenis port, yang masing-masing memiliki bentuk unik. Drive USB yang digunakan dapat bervariasi, tergantung pada jenis komputer yang akan disambungkan dengan drive. Terus baca untuk mempelajari cara menggunakan drive USB pada Windows.

Apakah USB saya kompatibel dengan komputer saya?

tampilan gambar jarak dekat hub Nucleum yang disambungkan ke laptop di atas meja dengan USB dan kartu untuk port yang berbeda-beda

Jika Anda menggunakan drive USB untuk yang pertama kali, penting sekali untuk memastikan bahwa drive USB Anda kompatibel dengan port USB yang ada pada komputer. Kebanyakan orang mengetahui USB-A, drive USB berukuran besar berbentuk persegi, yang hanya dapat disambungkan dengan satu cara. Namun, komputer Windows terbaru kini mulai menggantikan port USB-A dengan port USB-C yang lebih kecil dan ramping.

Jika komputer Windows Anda hanya memiliki port USB-C, sementara drive USB yang Anda miliki adalah USB-A, Anda dapat membeli adaptor USB-A ke USB-C, atau agar lebih hemat, Anda dapat membeli drive USB-C baru.

Bagaimana cara menyisipkan drive USB?

Setelah memiliki drive USB yang kompatibel dengan komputer Windows, Anda dapat menyisipkan drive ke port USB. Port biasanya terletak di bagian samping laptop, dan di bagian depan atau belakang pada desktop. Jika Anda menggunakan USB-A, pastikan Anda menyisipkan drive USB dengan benar untuk menghindari kerusakan pada komputer Anda.

Saat Anda menyisipkan drive USB untuk pertama kali, Windows akan menginstal perangkat lunak driver yang diperlukan agar dapat mengoperasikan drive USB. Selanjutnya, kotak dialog akan muncul. Pilih ‘Open folder to view files.’ Jika kotak dialog tidak muncul, Anda dapat mengatasinya dengan menyisipkan lagi drive USB atau dengan membuka File Explorer dan memilih drive USB.

referensi : https://www.kingston.com/id/blog/mobile-lifestyle/how-to-use-a-usb-drive-on-windows#:~:text=Drive%20USB%2C%20juga%20disebut%20flash,serta%20transfer%20file%20antar%20perangkat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGENALAN ALAT FIBER OPTIK

CARA MENGINSTALL OS